top of page
  • #TEAMJAKCO

KONSER ATAU FESTIVAL?



Maraknya Festival di Indonesia saat ini bikin bingung warga konser untuk memilih mana yang harus ditonton, apalagi lineup-nya banyak yang seirisan dengan konsep yang beda tipis.


Tapi selain festival-festival yang bertebaran, ada juga konser-konser ketengan yang gak kalah menarik. Yang biasa terjadi, warga konser harus memilih karena alasan keuangan.


nah sebelum memilih, coba kita kulik dulu bedanya.


Dalam komunikasi promotor dan agen artis, istilah konser yang kita kenal juga biasa disebut sebagai headlining show, dimana -sebut saja- Artis A adalah penampil utama, kalau ada penampil lain, maka akan disebut supporting act atau opening act. Nah, karena Artis A adalah penampil utama, mereka lah pemegang keputusan tertinggi dari konsep acara, artis pembuka, durasi konser, marketing, sponsor, artworks dan detail-detail lainnya. Dengan kata lain, konser tersebut adalah milik Artis A dimana mereka sebagai tuan rumah yang akan all-out memberikan penampilan terbaik mereka.


Beda hal-nya dengan Festival, saat promotor memberikan penawaran kepada Artis A untuk tampil di sebuah Festival, artinya promotor lah sang tuan rumah, dimana artis dan promotor harus saling kompromi akan hal-hal yang sudah disebutkan diatas. Kesepakatan itu tentu akan berpengaruh kepada durasi pertunjukan, setlist dan konsep yang disajikan oleh sang artis.


Satu hal krusial yang membedakan Konser dan Festival selain durasi dan jumlah lineup adalah Intimasi. Menonton konser akan terasa lebih intim dan hangat, karena sudah dipastikan mereka yang membeli tiket dan datang adalah penonton yang memang suka dengan artis utama dari konser tersebut.


Apabila datang ke Festival, penonton akan tercampur dengan penggemar artis lain yang tampil dalam festival tersebut sehingga rasa intim akan sedikit hilang. Keintiman ini lah yang bisa jadi pertimbangan dimana penonton harus memilih antara menonton Artis A dengan durasi set lebih lama bersama ribuan orang yang gemar akan Artis A, atau menonton Artis A dengan set yang (biasanya) lebih pendek bersama ribuan orang yang mungkin saja bukan penggemar Artis A.


Kembali ke pertimbangan keuangan, harga tiket Festival akan terasa lebih murah bila kita menghitung harga tiket dibagi dengan jumlah penampil dan harga tiket Konser akan dirasa lebih mahal karena sejumlah uang yang dibayar hanya untuk menonton satu atau dua artis saja. Tapi urusan intimasi, kalian pilih mana? Pengalaman intimasi menjadi penting atau bodo amat dengan intimasi?


Konser atau Festival

  • Konser

  • Festival






Bình luận


bottom of page